Pages

Senin, 27 Mei 2013

Teknik menulis PKM agar lolos dan didanai

trik dalam menulis sebuah proposal PKM memang sangat penting untuk menjamin kelolosan judul proposal dalam bersaing bersama ribuan judul proposal PKM yang lain. banyak di antara para penulis proposal yang terkadang kurang memperhatikan Hal-Hal yang simpel tapi itu sangat penting. semua itu yang akan mempengarui tingkat kelolosan proposal yang kita kirim.
di sini akan sedikit saya jelaskan kiat-kiat menulis PKM agar dapat lolos dan dapat di danai. beruntung kalu bisa juga masuk ke PIMNAS. pernah dengar yang namanya PIMNAS. ya, pimnas adalah pekan ilmia mahasiswa nasional, dimana di situ berkumpul para finalis yang akan memperebutkan juara dan membawa kampusnya menjadi kampus ternama. 
HAL_HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN ADALAH :
1. semaksimal mungkin cara penulisan saudara harus sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh pihak DIKTI. panduan dikti biasanya di keluarkan setiap satu tahun sekali.
2. menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. atau dalam kata lain sesuai dengan kaidah EYD
3. munculkan kreatifitas sebagai hal yang menonjol dalam penulisan proposal saudara. karna kreatifitas mendapat nilai yang paling tinggi di antara komponen yang lain.
4. usahakan ide yang di angkat adalah suatu hal yang masih hangat atau bisa di katakan hal yang baru.
5. dalam pemilihan judul usahakan yang singkat dan jelas yang dapat mewakili dari proposal yang anda buat.
6. keterkaitan antara judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, luaran yang di harapkan dan sekuruh komponen dalam propsal. hal ini menjadi sangat penting karena naksud dari proposal kita akan terlihat jelas dan rapi.
7. dalam membuat jadwal kegiatan dalam PKM maksimal 5 bulan tidak boleh lebih.
8. dalam membuat anggaran dana usahakan membuat rincian atas pembelihan atau peminjaman. jangan langsung menulis anggaran dana dengan biaya paket, usahakan di rinci 1 per .
9. dalam menulis anggaran dana tidak noleh melebihi dari anggaran maksimal yang sudah di tetapkan oleh dikti.
10. masukan prestasi yan pernah di raih dalam lampiran daftar nama ketua dan anggota.
11. selesaikan semua proses administrasi, seperti tanda tangan wr 3, stemple universitas dan lain-lain.
ini dulu ya ,...... kalau masih kurang faham bisa koment dan bertanya,.,.... HAhahaha

selamat berjuang, salam kreatifitas....



Memperbaiki kualitas video

Software Video Enhancer sanggup memperbaiki video kualitas rendah menjadi video kualitas tinggi, cocok untuk kolektor 3gp :) .
Sebaiknya sebelum anda menggunakan software ini, pastikan bahwa k-lite mega codec sudah ter-install dikomputer anda, karena format file yang bisa diperbaiki Video Enhancer sama dengan format file yang bisa didukung oleh Media Player.

Download trial 30 hari software untuk memperbaiki kualitas video (2,06 Mb)


Download kemudian install VirtualDub Filter Pack (1,06 Mb)

PANDUAN PMW 2013 New

PMW adalah program mahasiswa Wirausaha. dimana akan dibrikan dana bagi mahasiswa yang punya ide kreatif dan bisa mengembangkanya sebagai sebuah usaha yang dapat meraup untung. program ini diadakan oleh DIKTI yang sudah di bagi oleh wilayah masing-masing. bagi teman-teman yang berdomisil di jawa timur berada di wilayah VII dan bisa mulai memikirkan ide untuk mencoba membuat sesuatu peluang usaha yang dapat di kembangkan dan berprospek cerah agar usulan yang kita ajukan ke PMW dapat di terima dan di danai .

dalam program PMW ini tentunya kita harus mentaati panduan-panduan penulisan yang sudah di buat oleh Kopertis wilayah masing-masing. untuk kopertis Wilayah VII dapat mendownload panduan PMW di Sini.

Semoga berhasil. ingat program ini menonjolkan kreatif. jadi buat suatu yang baru ya. yang beda dengan lainya ,.........

sumber : http://sscunisda.blogspot.com/

Selasa, 14 Mei 2013

ALAT PERAGA MATEMATIKA
DISUSUN OLEH
Nanang Ristiyadi, S.Pd

Mengapa diperlukan alat peraga matematika?
  • Matematika merupakan suatu ilmu sekaligus seni yang berhubungan dengan penelaahan bentuk-bentuk suatu struktur yang abstrak
Mengapa diperlukan alat peraga matematika?
Pandangan konstruktivis tentang anak belajar sebaiknya membangun sendiri arti dari pengalamannya dan interaksi dengan orang lain, sedangkan tugas guru mendampingi siswa agar memperoleh pengalaman belajar yang bermakna (meaningful learning experience) bagi siswa


PENGERTIAN
  • Media pengajaran adalah semua benda yang menjadi perantara terjadinya proses belajar
  • Alat peraga merupakan media pengajaran yang membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari (Elly Estiningsih, 1994)
Alat peraga matematika adalah seperangkat benda konkret yang dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika (Djoko Iswadji, 2003)
Sarana merupakan media pengajaran yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan kegiatan belajar

Manfaat penggunaan alat peraga matematika yang tepat
  • mempermudah abstraksi
  • memudahkan, memperbaiki atau meningkatkan penguasaan konsep atau fakta
  • memberikan motivasi pada siswa melalui seni matematika
  • memberikan variasi pembelajaran
  • meningkatkan efisiensi waktu
  • menunjang kegiatan matematika di luar kelas
  • meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar

Fungsi alat peraga

  • Sebagai media dalam menanamkan konsep-konsep matematika
  • Sebagai media dalam memantapkan pemahaman konsep melalui belajar sambil bermain
  • Sebagai media untuk menunjukkan hubungan antara konsep matematika dengan dunia di sekitar kita serta aplikasi konsep dalam kehidupan nyata




ALAT PERAGA MATEMATIKA




LOMPAT KATAK


 

KEGUNAAN

Menemukan suatu barisan dan pola bilangan dengan cara bermain



ATURAN PERMAINAN

  • Pindahkan dua kelompok katak yang berlainan warna, sehingga kedua kelompok katak tersebut akan bergantian tempat (kedua kelompok pasak dipisahkan oleh sebuah lubang dan masing-masing kelompok berdiri berjajar)
  • setiap kali melangkah hanya boleh mengangkat satu pasak
  • dalam melakukan perpindahan, hanya boleh melompati satu katak yang berlainan warna atau bergeser ke lubang di dekatnya

CARA KERJA

  • Ambil satu katak yang berada paling depan, pindahkan katak tersebut dengan cara menggeser ke lubang yang ada di dekatnya
  • Ambillah katak lainnya yang berlainan warna dengan katak semula melompati katak yang pertama kali dipindahkan
  • Geserlah katak (yang sewarna dengan katak yang melompat) ke lubang di dekatnya
  • Ambillah katak yang berwarna gelap melompati katak-katak di depannya, demikian seterusnya, sampai kedua kelompok katak tersebut bergantian tempat
  • Banyaknya langkah perpindahan tergantung banyaknya pasang katak yang akan dipindahkan



 
MASALAH

Berapakah banyaknya langkah perpindahan yang paling pendek yang diperlukan untuk memindahkan: 1, 2, 3, dan seterusnya sampai n buah pasang pasak.


TEOREMA PYTHAGORAS


Nama alat : MODEL PYTHAGORAS

Konsep : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Fungsi : Membuktikan rumus pythagoras bahwa kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya dengan menggunakan luasan bidang persegi pada masing-masing sisi segitiga.

Petunjuk penggunaan:



Sebelum melakukan pembuktian, terlebih dahulu dijelaskan bahwa luas persegi yang paling besar (yang sisinya sama dengan hypotenusa ) sama dengan jumlah luas dua persegi yang ukuran sisinya sama dengan sisi siku siku segitiga.

Dengan mengangkat kepingan (blok-blok) yang ada pada dua persegi dengan ukuran sisi siku siku segitiga, kemudian memasangkannya pada persegi yang paling besar sedemikian sehingga termuat dan menutupinya dengan pas ( tidak boleh ada celah dan tidak boleh saling menumpuk)


VOLUME LIMAS

Nama Alat : Volume Limas
Konsep : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Fungsi : Menentukan rumus volume limas melalu percobaan


Alat / bahan yang diperlukan:

  • Kertas karton yang sudah dibentuk menjadi 6 buah limas
  • Setiap limas alasnya berbentuk persegi dengan tinggi limas sama dengan ½ kali panjang sisi persegi

Cara Kerja

  • Susunlah keenam buah limas di atas sehingga membentuk jaring jaring sebuah kubus
  • Bentuklah jaring jarring tersebut sehingga membentuk sebuah kubus


Permasalahan

  • Jika panjang rusuk kubus adalah s, maka tinggi limas adalah ½ s berapakah volume kubus ?
  • Apakah hubungan antara kubus dan limas tersebut
  • Apa yang dapat disimpulkan mengenai volume limas berdasarkan hubungan tersebut ?


KARTU DOMINO MATEMATIKA
Nama alat : KARTU DOMINO MATEMATIKA
Konsep : Aljabar
Fungsi : Menanamkan konsep operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan dan pemfaktoran bentuk aljabar

Bahan Yang diperlukan:

  • Kertas semacam kartu domino berjumlah 28 lembar (terbagi menjadi 2 bagian dan dipisahkan dengan garis)
  • Pada kedua bagian tersebut bertuliskan bentuk bentuk aljabar ( kalau pada kartu domino bertuliskan bulatan bulatan dengan jumlah tertentu)
Pemain: Dapat dimainkan oleh 2 , 3, 4, atau 5 orang



Petunjuk Penggunaan:

  • Pasangkanlah bentuk bentuk aljabar yang senilai atau jika diselesaikan memilik nilai yang sama ( seperti pada permainan domino )
  • Semua pemai harus ikut menentukan kebenaran dari kartu yang dibuka
  • Mulailah dari kartu yang kedua bagiannya bernilai sama ( dalam domino disebut BALAK)
  • Jika ada pemain yang tidak mempunyai kartu bernilai sama dengan kedua ujung kartu yang sudah dibuka, maka giliran dilanjutkan dengan pemain berikutnya (lewat)
  • Pemenangnya adalah pemain yang mempunyai sisa kartu paling sedikit 
MENARA HANOI


Nama alat : MENARA HANOI
Konsep : barisan Bilangan dan Deret
Fungsi : Menemukan suatu barisan dan pola bilangan dengan cara bermain



Bahan Yang diperlukan:
  • Lempengan berbentuk lingkaran terbuat dari triplek/ gabus dengan diberi lobang pada pusatnya. Ukuran lempeng lempeng tersebut bervariasi dari kecil sampai yang besar
  • Sebuah lebaran triplek papan yang memuat tiga tiang sebagai tempat memasukkan lempengan lempengan



Cara Penggunaan/ kegiatan yang dilakukan:
  • Pindahkan lempengan dari tiang 1 ke tiang 2 atau 3 satu persatu
  • Dari langkah di atas, lempengan yang kecil harus selalu berada di atas ( tidak boleh di bawah)
  • Lempengan boleh dikembalikan lagi ke tiang 1
  • Hitunglah banyak langkah yang diperlukan

Permasalahan:
  • Berapa langkah minimal yang diperlukan untuk menyusun 2, 3, 4, 5 atau 6 lempengan ke tiang 2 atau 3 ? ( lempengan yang kecil selalu berada di atas )
  • Dengan menentukan pola permasalahan di atas, tentukan rumus untuk menentukan banyak langkah minimal untuk menyusun n lempengan.


DADU UNTUK PELUANG


Nama alat : DADU UNTUK PELUANG
Konsep : Peluang
Fungsi : Untuk melakukan suatu percobaan dan menentukan titik sampel dan ruang
sampel


Bahan Yang diperlukan:
  • Selembar triplek/fiber yang dipotong potong menjadi 6 buah persegi yang kongruen
  • Lem yang digunakan untuk menempelkan ke enem persegi di atas sehingga terbentuk sebuah kubus
  • Spidol/cat yang digunakan untuk menuliskan bulatan bulatan berjumlah 1 – 6 pada tiap sisi kubus di atas

Cara Penggunaan/ kegiatan yang dilakukan:

  • Lakukanlah suatu percobaan melempar satu dadu atau dua dadu bersamaan
  • Dari percobaan di atas, dapat ditentukan titik sampel dan ruang sampel
  • Kita bisa juga menentukan titik sampel dan ruang sampel percobaan melempar 3 dadu bersamaan, melempar bersamaan sebuah dadu dengan sekeping uang logam, melempar bersamaan dua buah dadu dan sekeping uang logan dan sebagainya untuk menentukan titik sampel dan ruang sampel percobaan tersebut


ALMANAK BINER


Nama alat : ALMANAK BINER
Konsep : Peluang
Fungsi : Untuk melakukan suatu percobaan dan menentukan kemungkinan kemunculan suatu titik sampel



Bahan Yang diperlukan:    
  • Selembar mika wood berukuran 120 cm x 120 cm dengan dipasang 5 buah lampu pijar masing-masing beserta saklarnya.
  • Spidol besar permanen yang digunakan untuk menuliskan bilangan-bilangan tertentu dalam 5 kelompok dengan masing-masing kelompok disertai dengan Kompetensi tentang sukubanyak, fungsi komposisi dan fungsi invers, buah lampu pijar.

Cara Penggunaan/ kegiatan yang dilakukan:

  • Salah satu siswa meminta ke siswa lain supaya menyebutkan dalam hati sebuah bilangan mulai dari 1 sampai 31.
  • Dari bilangan yang dipilih itu, tanyakan apakah ada di dalam kelompok bilangan pertama sampai dengan kelompok bilangan kelima.
  • Jika bilangan yang disebut dalam hati ada didalam kelompok bilangan tertentu, maka lampu harus dinyalakan.
  • Dari sebuah atau beberapa lampu yang menyala, maka siswa yang memberi pertanyaan dapat langsung menyebutkan dengan tepat angka yang disebutkan dalam hati.





PERMAINAN MENGATUR LETAK BILANGAN



KEGUNAAN



Meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam operasi hitung penjumlahan



SEGITIGA AJAIB SEDERHANA     
 


SEGITIGA AJAIB SEMBILAN TITIK




Aturan Permainan :

I. Segititiga Ajaib sederhana :

    Disediakan bilangan bilangan 1 sampai 6. Aturlah bilangan bilangan itu pada tempat yang disediakan sehingga setiap sisi segitiga memuat JUMLAH bilangan yang sama.


II. Segititiga Ajaib Sembilan Titik

    Disediakan bilangan bilangan 1 sampai 9. Aturlah bilangan bilangan itu pada tempat yang disediakan sehingga setiap sisi segitiga memuat JUMLAH bilangan yang sama.


LINGKARAN AJAIB I



Disediakan bilangan bilangan 1 sampai dengan 6. Aturlah bilangan bilangan 1 sampai 6 tersebut pada tempat yang telah disediakan sehingga setiap lingkaran memuat JUMLAH bilangan yang sama.

 


LINGKARAN AJAIB II



Disediakan bilangan bilangan 1 sampai dengan 12. Aturlah bilangan bilangan 1 sampai 12 tersebut pada tempat yang telah disediakan sehingga setiap lingkaran memuat JUMLAH bilangan yang sama.







PERSEGI AJAIB



 
TANGRAM CHINA




Alat dan bahan yang diperlukan :

2 buah Segitiga siku-siku sama kaki besar

1 buah Segitiga siku-siku sama kaki sedang

1 buah persegi

1 buah jajargenjang

2 buah Segitiga siku-siku sama kaki kecil



 
FUNGSI

  • Pengenalan bangun-bangun datar
  • Konsep luas bangun datar dengan satuan tidak baku
  • Konsep kekekalan luas
  • Meningkatkan kreativitas siswa
  • Melatih daya imajinasi anak menyusun bangun-bangun geometri

     
Menyusun potongan-potongan Tangram



Bentuk segitiga siku-siku sama kaki




Bentuk persegipanjang



 
Bentuk jajargenjang



Bentuk binatang



Bentuk Lilin dan tempatnya