Pages

Senin, 24 Desember 2012

PERANGKAT PEMBELAJARAN


SILABUS
PENGERTIAN SILABUS
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/ pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS
  1. Ilmiyah
  2. Relevan
  3. Sistematis
  4. Konsisten
  5. Memadai
  6. Actual dan kontekstual
  7. Fleksibel, dan
  8. Menyeluruh
RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
PENGERTIAN RPP
RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur atau pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
RPP BERKARAKTER
  1. Eksplorasi
  2. Elaborasi
  3. konfirmasi
KOMPONEN RPP
  1. Kolom identitas mata pelajaran
  2. Standar kompetensi
  3. Kompetensi dasar
  4. Indikator pencapaian kompetensi
  5. Tujuan pembelajaran
  6. Materi ajar (materi pokok)
  7. Materi/kompetensi prasyarat
  8. Alokasi waktu
  9. Metode pembelajaran
  10. Kegiatan pembelajaran
  11. Penilaian
  12. Sumber belajar
MANFAAT RPP
Agar pembelajaran yang terjadi di dalam kelas mencapai hasil yang maksimal, karena segala sesuatu yang direncanakan terlebih dahulu akan mendapatkan hasil yang lebih baik.
PERBEDAAN
RPP berkarakter lebih ditekankan pada karakter siswa. RPP pada umumnya lebih di tekankan pada tujuan yang dicapai oleh guru.
AUH (ANALISIS ULANGAN HARIAN)
Untuk menyusun analisis ulangan harian memerlukan persiapan yang mendukung hasil analisis yang kita lakukan, persiapan yang perlu kita lakukan:
  1. Menyiapkan tabel untuk pengolahan data nilai
  2. Menyiapkan bentuk soal untuk mencapai kompetensi siswa
  3. Melaksanakan pengolahan data untuk mengetahui bentuk soal mudah, sukar, sedang, dan amat sukar

Diskusi Perangkat pembelajaran

Diskusi ini disajikan oleh Kelompok 5. Terdiri dari Roihan Zuhri, Ahmad Ali Rosyid, Azhar Chariri Ahmad, Rohmatul Aliyah, Qurrotul A’yun, dan Asyifatuz Zuhro. Berikut ini hasil resumnya.
Pengertian perangkat pembelajaran
Adalah perlengkapan kegiatan pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Seperti: RPP, LKS, Kalender, Silabus, Prota, Prosem, Dll.
Macam-macam perangkat pembelajaran
Rencana Minggu Efektif (RME)
Adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam menentukan jumlah ME :
  • Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
  • Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama satu tahun.
  • Menghitung jumlah minggu efektif dengan cara jumlah minggu dalam satu tahun dikurang jumlah minggu tidak efektif .
  • Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran per minggu
Program Tahunan
Adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.
Langkah Penyusunan Program  tahunan :
  1. Mengidentifikasi jumlah KD dan indikator dalam satu tahun
  2. Melakukan pemetaan KD untuk tiap semester
  3. Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing KD berdasarkan kedalaman dan keluasan KD.
  4. Mengidentifikasi jenis kegiatan di luar KBM dan waktu yang dibutuhkan ( UAS, UKK, UNAS, libur setelah ulangan, libur awal puasa, LHR, EF, dsb)
Program Semester
adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.
Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.
Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Pada umumnya program semester ini berisikan:
  1. Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran)
  2. Format isian (standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, jumlah jam pertemuan (JJP), dan bulan).
Kalender Pendidikan
Penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.

Perangkat Pembelajaran: Silabus, RPP, & AUH

Ada banyak perangkat pembelajaran yang menjadi tugas dasar profesi seorang guru. Pada bagian ini, saya Fitriatus Sholicha, bersama dengan Lathifah Hanim dan Siti Mawadda, telah mendiskusikan tiga perangkat yaitu Silabus, RPP dan AUH. Berikut ini kesimpulannya.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah program perencanaan yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk setiap kegiatan proses pembelajaran.
Komponen-komponen RPP:
  • Tujuan pembelajaran
  • Materi/isi
  • Strategi dan Metode Pembelajaran
  • Media dan sumber belajar
  • Evaluasi
Silabus adalah rencana  pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetens,kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Komponen-komponen Silabus
  • Menentukan Identitas Silabus
  • Rumusan Standar Kompetensi
  • Menentukan Kompetensi Dasar
  • Merumuskan Kegiatan Pembelajaran
  • Mengidentifikasi materi pokok/ materi pembalajaran
  • Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
  • Menentukan penilaian
  • Menentukan alokasi waktu
  • Menentukan sumber belajar
Contoh Format Analisis Ulangan Harian:



Referensi: (1) Wina,Sanjaya. 2010. PerencanaandanDesainSistemPembelajaran.Jakarta : PT.FajarInterpratama; (2) Trianto. 2010. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif.Jakarta :Kharisma Putra Utama.

Tidak ada komentar: